Jejak di Perpustakaan (Pustakawan Meraih Mimpi)


Harga : Rp.162,000

Berat : 330 Gram

Penulis : Rustian Al'Ansori

Jumlah Pembelian




  Jejak di Perpustakaan (Pustakawan Meraih Mimpi)

Penulis : Rustian Al'Ansori

Ukuran : 14 x 21 cm

ISBN : 978-623-407-172-6

Terbit : Januari 2022

Harga : Rp 162000

www.guepedia.com

 

Sinopsis :

Selama 2 tahun 6 bulan, dimulai pertengahan tahun 2019, dilanjutkan tahun 2020 dan tahun 2021 saya bertugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di perpustakaan daerah (perpusda) kabupaten Bangka. Bulan-bulan pertama kendala yang dihadapi adalah terjadinya devisit anggaran daerah sehingga kegiatan bimbingan teknis terkait dengan pembinaan perpustakaan yang sudah dianggarkan dipangkas maka program tidak jadi dilaksanakan. Kondisi ini tidak membuat menyerah dan kami bisa melaksakan kegiatan untuk menambah ketrampilan tenaga perpustakaan desa berupa latihan menulis dan saya sendiri sebagai narasunber dengan kegiatan berlangsung di perpusda Bangka. Saya masih sempat mengikuti Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Bangka melakukan pembinaan di perpustakaan desa berbasis inklusi sosial sebagai penerima manfaat dari Perpusnas RI.
Memasuki tahun 2020 tantangan baru yang dihadapi yakni pandemi Covid-19. Kembali dana untuk perpustakaan khususnya untuk kegiatan pembinaan perpustakaan kembali dipangkas dengan alasan untuk penanganan Covid-19. Perpustakaan sempat ditutup untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kami tetap bisa bergerak untuk memajukan dan mensosislusasi serta mempromosikan perpustakaan melalui mediasosial yang kami miliki dan media lsinnya. Walaupun bekerja dari rumah kami tetap melakukan aktifitas dan berkarya diantaranya menulis. Selain itu tetap melayani perpustakaan desa dan sekolah yang mengikuti akreditasi maupun lomba perpustakaan tingkat provinsi kepulauan Bangka Belitung. Beberapa kegiatan pelatihan dilakukan secara virtual. Kabar gembira di akhir tahun 2020 karena Radio Republik Indonesia (RRI) memberi ruang siar selama 60 menit setiap pekannya untuk kami, jadilah jangkauan sosislisasi dan promosi perpustakaan lebih luas.
Masih pandemi Covid-19 memasuki tahun 2021. Kondisi keungan daerah untuk kegiatan di perpustakaan masih sama. Meskipun pandemi kami masih bisa menyebarkan semangat literasi khususnya dalam pembangunan perpustakaan melalui siaran RRI Sungailiat yang diberikan gratis tanpa kami harus membayar. Telah menjadi rutinitas kerja kreatif merancang berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi pandeni serta membahas topik yang akan ditampilkan di RRI hingga berakhir tahun 2021 waktu siaran setiap pekannya tidak pernah absen sepanjang tahun pada setiap senin sore dalam acara Ruang Pustaka. Dukungan RRI dan informasi yang selalu kami sampaikan melalui media sosial dan media lainnya mrngantarkan perpusda Bangka tahun 2021 terpilih sebagai perpustakaan kabupaten terbaik tingkat nasional. Prestasi serupa juga diraih perpustakaan binaan kami yakni perpustakaan desa Kimak dan Pemali. Ini merupakan impian kami dan pustakawanpun meraih mimpi.

www.guepedia.com

Email     : guepedia@gmail.com

WA di 081287602508

Happy shopping & reading

Enjoy your day, guys